Jumat, 26 April 2013

E-COMMERCE

“ E-COMMERCE “
A. PENGERTIAN E-COMMERCE
E-COMMERCE adalah prosedur perdagangan atau mekanisme jual-beli di internet dimana penjual dan pembeli di pertemukan di dunia maya. E-commerce juga dapat didefinisikan sebagai cara berbelanja dan berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas internet dimana terdapat website yang menyediakan layanan “Get and Deliver”.

B. KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN E-COMMERCE
KEUNTUNGANNYA :
1.      Bagi Perusahaan : memperpendek jarak, memperluas pasar, memperluas mitra bisnis dan efisien, atau dengan kata lain dapat mempermudah layanan ke pelanggan.
2.      Bagi Konsumen     : efektif, aman secara fisik dan flexible
3.      Bagi Masyarakat umum : mengurangi polusi dan pencemaran lingkungan, membuka peluang kerja baru, menguntungkan dunia akademis, dan meningkatkan kualitas SDM
KERUGIANNYA :
1.      Meningkatkan Individualisme      : Dengan adanya cara perdagangan secara online seseorang dapat bertransaksi dan mendapatkan produk atau jasa yang diperlukan tanpa bertemu dengan siapapun.
2.      Terkadang Menimbulkan Kekecewaan : apa yang kita lihat di layar monitor computer terkadang berbeda dengan apa yang kita lihat secara langsung atau secara kassat mata.

C.  RESIKO E-COMMERCE
Adapun resiko yang terdapat dari e-commerce, yaitu sebagai berikut :
1.      Kehilangan segi financial secara langsung karena kecurangan
2.      Pencurian informasi rahasia yang sangat berharga
3.      Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan
4.      Akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak
5.      Kehilangan kepercayaan dari konsumen
6.      Kerugian-kerugian tak terduga

D.KATEGORI E-COMMERCE
Adapun kategori-kategori pada e-commerce, yaitu :
1.      B2B            : Bentuk jual-beli produk atau jasa yang melibatkan dua atau beberapa perusahaan secara elektronis atau online. Seperti produsen yang menjualkan produknya ke distributor
2.      B2C            : Bentuk jual-beli produk yang melibatkan perusahaan penjual dengan konsumen terakhir atau masyarakat umum, biasanya dalam bentuk catalog dan menggunakan perangkat lunak.
3.      C2C            : Model berdagang yang terjadi antara konsumen dengan konsumen secara online.

E.  PASAR E-COMMERCE
Terdapat 5 Jenis pasar e-commerce, yaitu :
1.      One to Many         : Pangsa pasar disisi penjual. Suplier utama yang menentukan penawaran catalog produk dan harga.
2.      Many to One         : Pangsa pasar disisi pembeli. Menarik beberapa supplier untuk menjadi rekanan bisnis untuk melakukan pertukaran penawaran pada bisnis dari pembeli utama seperti GE atau AT & T.
3.      Some to Many       : Pangsa pasar distribusi. Persatuan supplier utama yang mengkombinasikan catalog produk mereka untuk menarik lebih banyak pembeli.
4.      Many to Some       : Pangsa pasar perolehan. Persatuan pembeli utama yang mengkombinasikan catalog pembelian mereka untuk menarik lebih banyak supplier dan kemudian lebih berkompetisi sehingga harga turun.
5.      Many to Many      : Pangsa pasar pelelangan. Digunakan oleh banyak pembeli dan penjual yang bisa menciptakan berbagai pelelangan pembeli atau penjual sehingga harga optimal dinamis.
PENGERTIAN BRICK DAN CLIK
BRICK adalah istilah yang digunakan oleh perusahaan yang menjalankan bisnisnya secara ofline.
CLICK adalah istilah yang digunakan oleh perusahaan yang menjalankan bisnisnya secara online dan offline.    

EMAIL DAN INSTANT MESSAGING (IM)

EMAIL
Email adalah suatu surat dalam bentuk elektronik tau bisa juga di sebut e-mail. e-mail singkatan dari Elektronik Mail yang berfungsi untuk mengirimkan pesan baik berupa teks maupun gabungan  gambar yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain yang melewati jaringan internet.

SEJARAH EMAIL
Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan. Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika. Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”. Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”. 
• Kelebihan Menggunakan E-mail :
1. Cepat ( sangat cepat ) karena hanya perlu beberapa menit ( ketik dan send ).
2. Mudah ( karena kita cukup mengetik di komputer ).
3. Multiple send ( dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus ).
4. Dapat mengirim file ( attactment seperti file doc, excel, mp3, gambar, video dan lain-lain ).
5. Kapan saja dan dimana saja ( tidak ada perbedaan lokasi dan waktu ).
6. Biaya lebih murah karena internet sekarang sudah mulai agak murah di Indonesia.

• Kekurangan Menggunakan E-mail :
1. Harus online ( connect ke internet ).
2. Text dan gambar only yang dapat dikirim ( tidak bisa kirim paket / barang ).
3. Tidak connect internet dan check maka kita tidak akan tahu yang kita kirim sudah dibalas atau belum.
4. Harus ingat username dan password.
5. Ladang virus juga bagi yang tidak mengerti.

ISTILAH DALAM EMAIL
Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah : 
1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member) 
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member) 
3. Compose : Menulis surat baru 
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail 
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju 
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain 
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC 
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim 
9. Sent : Surat yang terkirim 
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu 
11. Reply : Membalas surat yang diterima 
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus 
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam 
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain 
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.

    INSTANT MESSAGING (IM)
SEJARAH IM
Aplikasi Instant Messenger mulai ada sejak 1970 dalam sistem operasi multi-user seperti UNIX, awalnya untuk memudahkan komunikasi antar pengguna mesin yang sama, kemudian dalam suatu jaringan lokal, dan setelah itu antar internet. Beberapa dari mereka menggunakan peer-to-peer protokol di saat yang lain memerlukan peer sebagai penghubung ke suatu server. Pada akhir pertengahan tahun 1980 sampai awal 1990, layanan online Qantum link untuk komputer Commodore 64 menawarkan pesan user-to-user antar costumer dan ini mereka sebut ”on-line messages” (OLM). Quantum link semakin dikenal dalam beberapa aplikasi yang menyerupainya, seperti America Online yang menawarkkan produk dengan nama ”AOL Instant Messages” (AIM).
Seiring perkembangannya Quantum Link menggabungkan sebuah komodor 64 menggunakan komodor PETSCII text-graphics. Dalam hal ini layanan yang disediakan menyajikan beberapa pilihan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sejenis GUI walauun lebih primitif dibanding UNIX berikutnya, windows, dan macintosh yang berdasar pada Program Instant Messenger GUI. Modern GUI-based messaging mulai berakhir pada 1990-an digantikan dengan ICQ (1996) dan AOL Instant Messenger (AIM, 1997).
Beberapa tahun kemudian AOL memperoleh penghargaan dua hak patent dari U.S. patent office. Meanwhile, sementara perusahaan lain mengembangkan aplikasi mereka sendiri (Yahoo, MSN, Excite, Ubique, IBM) yang masing-masing memiliki protokol kepemilikan dan client sendiri.
Pada tahun 2000, sebuah aplikasi open-source dan protokol open standards-based yang disebut jabber diluncurkan, jabber dalam hal ini berperan sebagai gateway untuk protokol IM lainnya, hal ini cukup mengurangi kebutuhan berbagai client. Modern multi-protocol clients seperti Gaim, Trillian, Adium dan Miranda dapat menggunakan beberapa dari protokol IM tanpa memerlukan server gateway. Bahkan baru-baru ini, beberapa layanan instant Messenger memulai untuk menyediakan layanan video conference, Voice Over IP (VoIP) dan web conferencing services.

Definisi atau Pengertian IM (Instant Messaging) - Instant Messaging adalah bentuk komunikasi pesan singkat antara dua orang atau lebih menggunakan teks yang diketik, teks dikirim melalui komputer yang terhubung melalui sebuah jaringan LAN atau Internet.
Teknologi IM diciptakan untuk menutupi kelemahan e-mail yang dinilai kurang efisien dan tidak realtime. Sebagian besar software IM terdiri dari dua komponen : Software server dan client. Sebagai program IM dapat dioperasikan melalui web browser, namun kebanyakan membutuhkan instalasi software client di PC.
Meskipun membutuhkan instalasi software, untuk sekarang semua software yang berhubungan dengan Instant Messaging sudah tidaklah aneh untuk para penggunanya, dikarenakan software Instant Messaging sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk jaman sekarang.
Dengan perkembangan teknologi, makin banyak pilihan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Instant messaging (IM) makin diminati karena menawarkan interaksi dua arah secara real-time seperti halnya telepon. Meski beberapa  saat yang lalu penggunaan IM terbatas pada pc dan laptop, saat ini maraknya smartphone dan tablet pc di pasaran memungkinkan IM untuk dilakukan di mana saja. Hal ini semakin dimudahkan pula oleh keluaran smartphone seperti BlackBerry terbaru yang memungkinkan integrasi IM dengan email dan akun jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Harga Blackberry maupun smartphone lain yang makin terjangkau juga merupakan faktor pendorong pengguna smartphone untuk memilih menggunakan IM. Menurut survey di Amerika Serikat, IM merupakan metode komunikasi pilihan remaja dan mahasiswa selama dekade terakhir. Saat ini IM juga makin banyak digunakan oleh komunitas pekerja dan akademik.
Kelebihan Instant Messaging Dibanding Telepon
1. IM Lebih Cepat Direspon
Meski untuk komunikasi dua arah secara langsung telepon tetap menjadi alternatif utama, namun tidak semua orang siap mengangkat telepon sewaktu-waktu. Jika orang yang dituju sedang online, dengan IM kita bisa memperoleh jawaban lebih cepat daripada jika menelpon.
2. IM Memungkinkan Melakukan Komunikasi ke Banyak Pihak
Dengan IM, kita tidak hanya bisa berinteraksi one-on-one seperti telepon, tapi juga mungkin untuk membuat chat room untuk grup serta melakukan meeting jarak jauh.
3. IM Memungkinkan Adanya Transfer Media
Kebanyakan provider IM saat ini membolehkan penggunanya mengirimkan media files seperti foto dan musik ke pengguna lain. Kelebihan tersebut memungkinkan transfer media dengan cepat dan murah, yang dapat membantu kelancaran kegiatan bisnis atau kantoran sehari-hari.

Kekurangan IM Dibanding Telepon
1. IM Butuh Akun yang Sama dengan Orang yang Dituju
Untuk menggunakan IM kita harus melakukan login, demikian juga orang yang kita ingin hubungi. Sebagai contoh untuk BlackBerry Messenger, hanya bisa memperantarai antar pengguna BlackBerry. Hal ini tidak akan menjadi penghalang jika kita menggunakan telepon.
2. IM Tidak Menjanjikan Perhatian Penuh dari Orang yang Dituju
IM merupakan salah satu andalan orang yang terbiasa multitasking. Dengan demikian, jika kita chat menggunakan IM, belum tentu orang lain tersebut memberikan perhatian penuh, dan kita juga tidak bisa mengharapkan hal tersebut. Tidak jarang orang yang kita ajak chat tiba-tiba tidak merespon dalam waktu lama tanpa pemberitahuan, dan kita juga tidak bisa tahu apakah itu diakibatkan kesalahan jaringan atau orang tersebut sedang melakukan aktivitas lain.
Dari ringkasan di atas, IM merupakan alternatif yang murah, cepat dan mudah dari telepon baik untuk keperluan bisnis atau pribadi. Akan tetapi, ada beberapa peran telepon yang tidak bisa digantikan dengan IM, sehingga di dunia serba digital ini telepon tetap akan memiliki fungsi tersendiri terlepas dari IM.

SOFTWARE KOMPUTER DAN APLIKASI BISNIS

1.   PENGERTIAN SOFTWARE KOMPUTER
Software atau yang biasa disebut perangkat lunak merupakan kumpulan perintah yang dibuat dengan bahasa pemrograman yang memiliki suatu kesatuan yang sama sehingga menghasilkan program/applikasi yang memiliki nilai dan tujuan tertentu atau sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.
Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) .

Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.

Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).

Software jika kita jabarkan dari jenisnya ternyata memiliki beberapa perbedaan, diantaranya :

a.      Adware
Dari namanya kita bisa langsung menyimpulkan bahwa software jenis ini menyisipkan iklan di dalam programnya. Software jenis ini biasanya bersifat gratis namun dengan kompensasi iklan yang muncul.

b.      Beerware
Software jenis ini bisa saya bilang unik karena beerware merupakan software yang berlisensi bebas. Software jenis ini bisa dipergunakan untuk tujuan apapun, namun jika pengguna beerware merasa software yang dipergunakan sangat berguna mengharuskan mentraktir beer jika bertemu dengan pembuat softwarenya.

c.       Freeware
Software jenis ini sifatnya gratis dan bisa dipergunakan tanpa batasan waktu tertentu. Software jenis ini biasanya memiliki fitur yang kurang powerfull.

d.      Shareware
Software jenis merupakan kebalikan dari freeware karena shareware memiliki batasan waktu tertentu dan mengharuskan user melakukan validasi kepemilikan software dengan serial number yang didapatkan dari membelinya. Software ini biasanya memiliki kemampuan yang powerfull.

e.      Spyware
Spyware merupakan software yang berfungsi untuk memantau ataupun memata-matai aktivitas komputer yang dilakukan oleh user. Software ini lebih sering disalahgunakan untuk kepentingan pencurian data.

f.        Open source
Open source software atau software sumber kode terbuka merupakan software yang dapat diubah, ditingkatkan, ataupun disebarluaskan karena memungkinkan user untuk melihat source code dari software. Software jenis ini biasanya dikembangkan oleh perorangan ataupun komunitas dan memiliki lisensi General Public License (GPL).


2.   APLIKASI BISNIS
Aplikasi bisnis yaitu suatu aplikasi komputer atau perangkat lunak komputer untuk menunjang kegiatan bisnis suatu perusahaan. aplikasi ini kebanyakan digunakan untuk bisnis lewat media internet.
Pada dasarnya teknologi informasi (aplikasi bisnis salah satunya) dapat dan memang sebaiknya dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk membuat usahanya semakin efisien, dan mendorong usaha tersebut memiliki daya saing yang lebik dibanding usaha lainnya. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan pelaku usaha diantaranya adalah :
• Pemasaran bisa lebih luas dan murah (internet marketing)
• Perubahan desain bisa disimulasikan/dicoba coba dulu tanpa takut rusak, kehabisan bahan, dll (Fotoshop, paint, dll)
• Prmosi bisa lebih menarik
• Pengelolaan keuangan lebih cepat dan mengurangi risiko penyelewengan (aplikasi akuntansi)
• Berbagai Informasi pelanggan bisa disimpan
• Pelayanan bisa lebih cepat, contoh dengan barcode, kasir tidak perlu lagi mengetik kode barang
• Prediksi penjualan bisa dilakukan
• Dan masih banyak lagi
Namun demikian, memang tidak semua usaha harus menggunakan bantuan teknologi informasi tersebut, paling tidak jika :
• Skala usaha masih terlalu kecil (meskipun banyak juga usaha kecil menjadi cepat besar karena memanfaatkan teknologi ini)
• Biaya yang diperlukan lebih besar dari keutungan yang bisa diperoleh
• Tidak ada SDM/karyawan yang bisa mengurus atau menanganinya
• Karakteristik produk yang tidak mungkin dipasarkan secara umum
Lepas dari hal tersebut di atas, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan oleh pelaku usaha untuk mempermudah megelola usahanya. Disamping tidak perlu membeli (karena ada versi yang gratis), aplikasi tersebut juga relatif mudah digunakan. Beberapa aplikasi tersebut diantaranya adalah :
1. QSB
Aplikasi ini bermanfaat untuk membantu pelaku usaha dalam hal :
• Meramalkan nilai penjualan di masa yang akan datang dengan berbagai metode dan pendekatan
• Menentukan jumlah produksi yang paling ‘pas’ dan perubahan yang diijinkan
• Pembagian tugas karyawan yang paling efisien
• Menentukan lokasi usaha yang paling optimal
• Menentukan alokasi pengiriman barang
• Menyelesaiakan masalah antrian yang terjadi
• Dan masih banyak lagi
2. QM for Windows
Aplikasi ini manfaatnya sama dengan aplikasi QSB di atas, namun versi gratisnyasudah tersedia di internet, hanya saja tidak semua fasilitas bisa digunakan.
3. Invest
Aplikasi ini bermanfaat untuk pelaku usaha yang memiliki dana mengganggur dan ingin diinvestasikan ke surat berharga (Investasi ini tidak monopoli pengusaha dengan dana besar, UMKM pun bisa). Denga aplikasi ini, pelaku usaha akan dibantu menempatkan dana menganggurnya dengan pertimbangan-pertimbangan yang lebih bisa dipertanggung jawabkan.
4. CDP
Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi pelaku usaha yang sering dihadapkan pada banyak pilihan, ketika akan memutuskan sesuatu, misalnya :
• Mesin dengan merk apa yang akan dipilih
• Jenis transportasi apa yang akan dipakai untuk mengirim barang
• Pemasok mana yang akan dipilih
• Bentuk dan bahan kemasan yang akan digunakan, dll
Dengan aplikasi ini, pelaku usaha akan dibantu menentukan pilihan yang paling memungkinkan (baik), diantara berbagai alternatif pilihan yang ada.
5. OpenOffice
Aplikasi ini menjadi pilihan apabila pelaku usaha ingin membuat dan mencetak berbagai dokumen usaha (surat penawaran, daftar barang, dll). Dengan aplikasi ini pula pelaku usaha bisa membuat anggaran, mengevaluasi kinerja/hasil usaha. Pelaku usaha juga bisa melakukan presentasi dengan lebih menarik dengan bantuan aplikasi ini, dan beberapa manfaat penting lainnya.
Aplikasi ini menjadi piliha, bila pelaku usaha tidak memiliki usaha untuk membeli Microsoft Office (Word, Excel, Power point, Access ), atau takun berdosa karena membeli bajakannya.
Aplikasi di atas hanya sebagian kecil dari banyak aplikasi gratis dan mudah, yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mengelola usaha, termasuk aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk membantu pelaku usaha dalam memasarkan produknya di internet. Jadi, terbukalah pada kemungkinan ini, usaha menjadi lebih berhasil dengan memanfaatkan berbagai aplikasi komputer yang ada. Bagi pelaku usaha yang mau sedikit lelah, bisa keliling ke universitas-universitas, di sana juga banyak aplikasi-aplikasi gratis yang dibuat oleh mahasiswa yang bisa digunakan untuk membantu mengelola usaha, seperti aplikasi keuangan sederhana untuk UMKM, apalikasi menghitung pajak usaha, dan masih banyak lagi.
Contoh-contoh aplikasi bisnis:
Word Processing
  1. Microsoft Word
  2. Wordstar
Spreadsheet
  1. Microsoft Excel
  2. Lotus 123


Presentation
  1. Microsoft PowerPoint
  2. Macromedia Flash
Database
  1. Microsoft Access
  2. Base 
Software note taking
  1. Microsoft OneNote
  2. Evernote
  3. UberNote 
Software Personal Information Manager
  1. Microsoft Outlook
  2. Lotus Organizer
  3. Computer Organizer 
Bussiness Software for Phones
  1. Documents To Go 3.0 Main App
  2. Adao File Manager
  3. Tungle.me 
Bussiness Software Suite
  1. Microsoft Office
  2. Kingsoft Office
  3. Star Office 
Project  Management
  1. Onyaka
  2. Side Job Track
  3. Basecamp 
Accounting
  1. E-Accounting
  2. Bee Accounting
  3. Omega Accounting 
Document Management
  1. Microsoft Document Imaging
  2. doQuments
  3. DocMoto
  4. infoRouter

Enterprise Computing
  1. Enterprise Resource Planning System (ERPs)
  2. Content Management System (CMS)
  3. Human Resource Management Systems (HRM)
  4. Project Planning Tools