PENENTUAN HARGA PERMINTAAN DAN
PENAWARAN
PERMINTAAN
Pengertian
Permintaan :
Permintaan ( Demand ) adalah jumlah
keseluruhan barang dan jasa yang diminta atau dibeli ole konsumen pada waktu
tertentu dan pada harga tertentu.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan :
a.
Pendapatan atau penghasilan konsumen
Apabila pendapatan konsumen semakin
tinggi akan diikuti daya beli konsumen yang kuat dan mampu untuk membeli barang
dan jasa dalam jumlah yang lebih besar, demikian sebaliknya.
b.
Selera
Apabila selera konsumen terhadap suatu
barang dan jasa tinggi maka akan diikuti dengan jumlah barang dan jasa yang
diminta akan mengalami peningkatan, demikian sebaliknya. Contohnya: permintaan
terhadap telepon genggam
c.
Harga barang/jasa pengganti
Konsumen akan cenderung mencari barang
atau jasa yang harganya relatif lebih murah untuk dijadikan alternatif
penggunaan. Contohnya: bila harga tiket pesawat Jakarta-Surabaya sama harganya
dengan tiket kereta api, maka konsumen cenderung akan memilih pesawat sebagai
alat transportasi. Contoh lain: untuk seorang pelajar bila harga pulpen lebih
mahal dari pensil, maka ia akan cenderung untuk membeli pensil.
d.
Harga barang/jasa pelengkap
Keduanya merupakan kombinasi barang
yang sifatnya saling melengkapi. Contoh: kompor dengan minyak tanah, karena
harga minyak tanah mengalami kenaikan maka orang beralih menggunakan bahan
bakar minyak tanah dan beralih ke bahan bakar gas.
e.
Perkiraan harga di masa datang
Apabila konsumen menduga harga barang
akan terus mengalami kenaikan di masa datang, maka konsumen cenderung untuk
menambah jumlah barang yang dibelinya. Contoh: Pada saat krisis ekonomi, ketika
konsumen memperkirakan harga-harga sembako esok hari akan melambung tinggi,
maka mereka akan memborong sembako tersebut hari ini.
f.
Intensitas kebutuhan konsumen
Bila suatu barang atau jasa sangat
dibutuhkan secara mendesak dan dirasakan pokok oleh konsumen, maka jumlah
permintaan akan mengalami peningkatan. Contoh: kebutuhan akan bahan pokok
beras, konsumen bersedia membeli dalam jumlah harga tinggi, walaupun pemerintah
sudah menetapkan harga pokok.
Hukum
Permintaan :
Hukum permintaan menyatakan bahwa :
“ Jika harga naik, maka jumlah barang yang
akan diminta akan menurun, dan sebaliknya, jika harga turun, maka jumlah barang
yang diminta akan bertambah, dengan syarat dalam keadaan Ceteris Paribus.”
Hukum permintaan bersifat negative atau
berbanding terbalik antara harga dan jumlah barang yang diminta.
PENAWARAN
Pengertian
Penawaran :
Penawaran( Supply ) adalah jumlah keseluruhan
barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen pada waktu tertentu dan pada
harga tertentu.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi penawaran :
a.
Biaya produksi
Harga bahan baku yang mahal akan
mengakibatkan tingginya biaya produksi dan menyebabkan produsen menawarkan
barang dalam jumlah terbatas untuk menghindari kerugian karena takut tidak
laku.
b.
Teknologi
Adanya kemajuan teknologi akan menyebabkan pengurangan terhadap
biaya produksi dan produsen dapat menawarkan barang dalam jumlah yang lebih
besar lagi.
Harga barang pelengkap dan pengganti
Harga barang pelengkap dan pengganti
Apabila harga barang pengganti mengalami kenaikan maka produsen
akan memproduksi lebih banyak lagi karena berasumsi konsumen akan beralih ke
barang pengganti karena harganya lebih murah.
c. Pajak
semakin tinggi tarif pajak yang dikenakan akan berakibat naiknya
harga barang dan jasa yang akan membawa dampak pada rendahnya permintaan
konsumen dan berkurangnya jumlah barang yang ditawarkan.
d. Perkiraan
harga barang di masa datang
Apabila kondisi pendapatan masyarakat meningkat, biaya produksi
berkurang dan tingkat harga barang dan jasa naik, maka produsen akan menambah
jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Tetapi bila pendapatan masyarakat
tetap, biaya produksi mengalami peningkatan, harga barang dan jasa naik, maka
produsen cenderung mengurangi jumlah barang dan jasa yang ditawarkan atau beralih
pada usaha lain.
e. Harga barang
itu sendiri
Apabila harga barang yang ditawarkan mengalami kenaikan, maka
jumlah barang yang ditawarkan juga akan meningkat. Sebaliknya jika barang yang
ditawarkan turun jumlah barang yang ditawarkan penjual juga akan turun.
Misalnya jika harga sabun mandi meningkat dari Rp1.500,00 menjadi Rp2.000,00,
maka jumlah sabun mandi yang penjual tawarkan akan meningkat pula.
f.
Harga barang pengganti (subtitusi)
Apabila harga barang pengganti meningkat maka penjual akan
meningkatkan jumlah barang yang ditawarkan. Penjual berharap, konsumen akan
beralih dari barang pengganti ke barang lain yang ditawarkan, karena harganya
lebih rendah. Contohnya harga kopi meningkat menyebabkan harga barang
penggantinya yaitu teh lebih rendah, sehingga penjual lebih banyak menjual teh.
Hukum
Penawaran :
Hukum penawaran menyatakan bahwa :
“ Jika harga naik, maka jumlah barang yang
ditawarkan akan bertambah dan sebaliknya, jika harga turun, maka jumlah barang
yang ditawarkan akan berkurang, dengan syarat dalam keadaan Ceteris Paribus.”
Hukum penawaran bersifat positif atau
perbandingan lurus antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan.
HARGA
KESEIMBANGAN
Harga Keseimbangan atau harga pasar ( price
equilibrium ) adalah harga yang terjadi apabila jumlah barang yang diminta sama
dengan jumlah barang yang ditawarka. Penentuan harga dan jumlah barang pada
saat keseimbangan yaitu dengan menentukan titik potong antara grafik fungsi
permintaan dengan fungsi penawaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar