Halaman

Kamis, 07 Maret 2013

STRUKTUR PASAR

STRUKTUR PASAR

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna antara lain :
a.      Faktor-faktor produksi bebas bergerak
b.      Jumlah penjual dan pembeli sangat bayak
c.       Tidak ada campur tangan pemerintah
d.      Barang dan jasa yang diperjualbelikan bersifat homogeny
e.      Penjual dan pembeli mengetahui keadaan pasar dengan sempurna
f.        Penjual dan pembeli bebas keluar masuk pasar

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna :
a.      Harga tidak dikendalikan oleh satu penjual atau satu pembeli
b.      Pembeli dan penjual bebas bertindak
c.       Mampu mendorong efisiensi dalam produksi
d.      Tidak memerlukan iklan

Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna antara lain :
a.      Demi efisiensi biaya produksi, kadang kala produsen atau penjual memberikan upah yang terlalu rendah bagi pekerjanya
b.      Barang bersifat homogeny sehingga konsumen cepat bosan
c.       Terdapat barang tiruan
d.      Tidak ada dan untuk penelitian dan pengembangan produk



PASAR MONOPOLI
Pasar monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis".
Sebagai penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti) produk tersebut atau —lebih buruk lagi— mencarinya di pasar gelap (black market).

Ciri-ciri Pasar Monopoli antara lain :
a.      Ada satu penjual
b.      Perusahaan lain akan sulit memasuki pasar ini
c.       Tidak ada barang pengganti
d.      Harga ditentukan produsen

Kelebihan Pasar Monopoli adalah :
a.      Dapat mendorong kemajuan teknologi
b.      Laba maksimal mencapai produsen
c.       Dapat meningkatkan daya saing perusahaan
d.      Dapat meningkatkan inovasi

Adapun Kelemahan Pasar Monopoli adalah :
a.      Konsumen tidak dapat berpindah ke perusahaan lain walaupun merasa dirugikan
b.      Eksploitasi terhadap konsumen
c.       Perusahaan lain susah memasuki pasar monopoli
d.      Menciptakan ketimpangan distribusi pendapat

PASAR MONOPOLISTIS
Pasar Monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya. Contohnya adalah : shampoo, pasta gigi, dll. Meskipun fungsi semua shampoo sama yakni untuk membersihkan rambut, tetapi setiap produk yang dihasilkan produsen yang berbeda memiliki ciri khusus, misalnya perbedaan aroma, perbedaan warna, kemasan, dan lain-lain.

Ciri-ciri Pasar Monopolistis yaitu :
a.      Penjual atau produsen secara perseorangan mampu memengaruhi harga
b.      Jumlah penjual atau produsen banyak
c.       Barang yang diperjualbelikan berbeda corak
d.      Penjual atau produsen harus aktif mempromosikan barangnya agar dapat memenangkan persaingan

Kelebihan Pasar Monopolistis yaitu :
a.      Inovasi dan kreativitas produsen termotivasi
b.      Konsumen dapat menentukan pilihan sesuai dengan kemampuan

Adapun kekurangan Pasar Monopolistis yaitu :
a.      Pasar dikuasai oleh barang yang terkenal
b.      Harga cenderung tinggi

PASAR OLIGOPOLI
Pasar oligopoli dari segi bahasa berasal dari kata olio yang berarti beberapa dan poli yang artinya penjual adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.

Ciri-ciri Pasar Oligopoli adalah :
a.      Membutuhkan modal besar dan keahlian manajerial yang tinggi
b.      Ada beberapa produsen
c.       Barang yang diperjualbelikan bisa bersifat homogen atau diferensial
d.      Membutuhkan peran iklan untuk bersaing mempromosikan produk

Kelebihan Pasar Oligopoli adalah :
a.      Bisa memberikan kebebasan kepada pembeli untuk memilih barang sesuai selera
b.      Dapat mengendalikan harga tertentu
c.       Lebih memperhatikan kepuasan konsumen

Adapun kelemahan Pasar Oligopoli adalah :
a.      Menciptakan ketimpangan distribusi pendapat
b.      Bisa menimbulkan pemborosan biaya produksi
c.       Sulit ditembus oleh perusahaan baru yang ingin memasuki pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar