Senin, 10 Juni 2013

KEPERCAYAAN YANG ADA DALAM MASYARAKAT PRIMITIF



KEPERCAYAAN YANG ADA DALAM MASYARAKAT PRIMITIF

Kepercayaan-kepercayaan yang ada dalam masyarakat primitive  yaitu :
1.     Kepercayaan Animisme (dari bahasa latin Anima atau Roh) adalah kepercayaan kepada makhluk halus dan roh merupakan asas kepercayaan agama yang mula-mula muncul di kalangan manusia primitive. Kepercayaan ini mempercayai bahwa setiap benda yang ada di bumi (seperti kawasan tertentu, Gua, Pohon atau Batu besar) mempunyai jiwa yang harus dihormati agar semangat tersebut tidak mengganggu manusia, malah membantu mereka dari semangat, roh jahat, dan dalam kehidupan sehari-hari mereka.
2.     Kepercayaan Tetomisme adalah kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural seperti sapi, ular dan harimau.
3.     Kepercayaan Dinamisme adalah kepercayaan pada kekuatan gaib yang misterius dan menganggap segala sesuatu memiliki tenaga atau kekuatan yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup dan mereka percaya bahwa kekuatan gaib tersebut dapat menolong mereka.
4.     Kepercayaan Politeisme adalah kepercayaan kepada dewa-dewa. Tujuan kepercayaan ini yaitu untuk menyembah dan berdoa kepada mereka untuk menjauhkan amarahnya dari masyarakat yang bersangkutan.




–» Islam dianggap sebagai agama yang Monoteisme :
Islam menjelaskan monoteisme dengan cara yang sederhana. Terjemahan Monoteisme dalam bahasa arab adalah Tauhid. Tauhid berarti satu (berasal dari kata wahid/ahad). Kata ini menyiratkan penyatuan, kesatuan atau mempertahankan sesuatu agar tetap satu. Kalimat Tauhid yang berbunyi “Lailahailallah” yang berarti bahwa satu-satunya Tuhan yang pantas untuk diabdi, ditaati, disembah, diikuti ajarannya hanyalah Allah SWT. Dan satu fakta terpenting yang membimbing semua makhluk adalah kesaksian “Tiada Tuhan selain Allah SWT”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar