Kamis, 24 April 2014

Resensi Novel "SUNSHINE BECOMES YOU"


Judul Buku         : Sunshine Becomes You
Pengarang          : ILANA TAN
Penerbit       : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit      : Januari 2012
Kota Terbit        : Jakarta
Ukuran Buku       : 20 cm
Jumlah Halaman : 432 halaman
Harga Buku        : Rp 65.000,-







Kutipan Singkat :


Sunshine becomes you salah satu karya Ilana Tan, novel ini mengajak pembaca untuk menyelami rutinitas sehari-hari Mia clark, seorang gadis adopsi yang tinggal di New York. Mia Clark seorang gadis manis, berbakat dan memiliki keluarga yang cukup baik, ternyata tidak bisa mewujudkan impiannya. Menjadi salah satu lulusan terbaik Juliard, institut seni terbaik di Amerika serikat. Ini kisah yang terjadi di bawah langit New york, tentang harapan yang muncul di tengah keputusasaan, tentang impian yang bertahan di antara keraguan, dan tentang cinta yang memberikan alasan untuk bertahan hidup.
Sementara Alex hirano seorang pianis hebat di kota New york, ia dikenal dengan kemahirannya saat memainkan piano. Kemampuan dia bermain piano tak perlu di ragukan sedikit pun karena ia selalu sukses merampungkan konsernya di Eropa, Amerika Serikat dll.
Kebiasaan Alex hirano malas memberi kabar kalau dia sedang padatnya kesibukan membuatnya Ray Hirano adiknya menyusul ke tempatnya. Ia hanya ingin menunjukkan kalau kakaknya tidak boleh bersikap menutup diri seperti itu karena dengan sikapnya seperti tersebut akan membuat Ray, ayah dan ibunya cemas memikirkan kondisi alex. Dia datang hanya untuk memastikan kakaknya masih hidup dan masih waras.
Entah kenapa Alex harus bertemu dan berurusan dengan clark seorang penari handal di tempat Ray adiknya mengajar. Sebuah pertemuan yang pantas dikatan Apes untuk nasibnya Alex hingga membuat tangannya patah sehingga dia harus membatalkan konsernya yang telah di persiapkan jauh-jauh hari.
Awalnya dia merasa kesal dengan pernyataan dokter bahwa tangannya tidak bisa sembuh dengan ajaib dalam waktu dua minggu jadi ia tetap harus bersabar dan bersabar. Bagaimana ia harus bersabar karena setiap kali ia melihat tangannya yang bergantung dia ingin menghancurkan sesuatu? Dia beranggapan ini semua tidak akan terjadi kalau dia tidak berjumpa dengan malaikat kegelapan (sebutan Mia Clark).
Wajar saja kalau dia sangat membenci dan sinis terhadap Clark, karena telah membuat tangannya cacat. Clark juga merasa berasalah atas kejadian tersebut, dia menawarkan diri untuk menjadi Pesuruh yang akan membantu keperluan alex hingga sembuh.
Seiring berjalannya waktu Alex penasaran terhadap sosok Clark, intensitas pertemuan mereka meskipun sering terjadi percecokan hingga akhirnya melahirkan benih-benih asmara diantara mereka. Bahkan Alex bersedia bersaing mendapatkan cinta Clark dengan lelaki manapun, termasuk adiknya.
Alex memiliki tipikal yang tak mudah takluk pada wanita. Tetapi kali ini berbeda, kenapa dengan Clark seorang perempuan yang telah membuat tangannya cacat dia memperjuangkan dengan mati-matian?. Sementara Clark semakin bingung dengan kehadiran Alex hirano yang menyusup secara tak terduga dalam kehidupannya.

Kualitas Buku :
 
Penulis berhasil membuat Alur cerita yang begitu mengalir dan deskripsi tokoh yang unik. Novel ini juga menyuguhkan berbagai romantisme kehidupan yang unik dan sering tidak kita sadari, kondisi Clark membuat pembaca menyadari arti kehidupan.
Setiap novel selalu mendapatkan image bagus atau tidaknya dari pembaca, lewat novel ini saya mendapatkan suatu kejanggalan dari salah satu adegan yang membuat saya terganggu dan kurang logis “Bagaimana seseorang yang salah satu tangannya masih diperban bisa mengangkat seseorang yang lain” (hlm. 248). Bahkan orang tersebut tidak diberikan gambaran ekspresi kesakitan/kesulitan ketika melakukannya
Meskipun novel ini tak sesedih Auntum in paris dan tidak banyak konflik seperti di temui di novel winnter in tokyo. Lewat karya ini Ilana Tan tetap memiliki pesona yang sama seperti novel-novelnya yang sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar