“ E-COMMERCE “
A. PENGERTIAN E-COMMERCE
E-COMMERCE
adalah prosedur perdagangan atau mekanisme jual-beli di internet dimana penjual
dan pembeli di pertemukan di dunia maya. E-commerce juga dapat didefinisikan
sebagai cara berbelanja dan berdagang secara online atau direct selling yang
memanfaatkan fasilitas internet dimana terdapat website yang menyediakan
layanan “Get and Deliver”.
B. KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN E-COMMERCE
KEUNTUNGANNYA :
1. Bagi Perusahaan : memperpendek jarak,
memperluas pasar, memperluas mitra bisnis dan efisien, atau dengan kata lain
dapat mempermudah layanan ke pelanggan.
2. Bagi Konsumen : efektif, aman secara fisik dan flexible
3. Bagi Masyarakat umum : mengurangi
polusi dan pencemaran lingkungan, membuka peluang kerja baru, menguntungkan
dunia akademis, dan meningkatkan kualitas SDM
KERUGIANNYA :
1. Meningkatkan Individualisme : Dengan adanya cara perdagangan secara
online seseorang dapat bertransaksi dan mendapatkan produk atau jasa yang
diperlukan tanpa bertemu dengan siapapun.
2. Terkadang Menimbulkan Kekecewaan :
apa yang kita lihat di layar monitor computer terkadang berbeda dengan apa yang
kita lihat secara langsung atau secara kassat mata.
C. RESIKO E-COMMERCE
Adapun resiko yang terdapat dari
e-commerce, yaitu sebagai berikut :
1. Kehilangan segi financial secara
langsung karena kecurangan
2. Pencurian informasi rahasia yang
sangat berharga
3. Kehilangan kesempatan bisnis karena
gangguan pelayanan
4. Akses ke sumber oleh pihak yang tidak
berhak
5. Kehilangan kepercayaan dari konsumen
6. Kerugian-kerugian tak terduga
D.KATEGORI E-COMMERCE
Adapun kategori-kategori pada
e-commerce, yaitu :
1. B2B :
Bentuk jual-beli produk atau jasa yang melibatkan dua atau beberapa perusahaan
secara elektronis atau online. Seperti produsen yang menjualkan produknya ke
distributor
2. B2C :
Bentuk jual-beli produk yang melibatkan perusahaan penjual dengan konsumen
terakhir atau masyarakat umum, biasanya dalam bentuk catalog dan menggunakan
perangkat lunak.
3. C2C :
Model berdagang yang terjadi antara konsumen dengan konsumen secara online.
E. PASAR E-COMMERCE
Terdapat 5 Jenis pasar e-commerce,
yaitu :
1. One to Many : Pangsa pasar disisi penjual. Suplier utama yang menentukan
penawaran catalog produk dan harga.
2. Many to One : Pangsa pasar disisi pembeli. Menarik beberapa supplier untuk
menjadi rekanan bisnis untuk melakukan pertukaran penawaran pada bisnis dari
pembeli utama seperti GE atau AT & T.
3. Some to Many : Pangsa pasar distribusi. Persatuan supplier utama yang
mengkombinasikan catalog produk mereka untuk menarik lebih banyak pembeli.
4.
Many
to Some : Pangsa pasar perolehan.
Persatuan pembeli utama yang mengkombinasikan catalog pembelian mereka untuk
menarik lebih banyak supplier dan kemudian lebih berkompetisi sehingga harga
turun.
5. Many to Many : Pangsa pasar pelelangan. Digunakan oleh banyak pembeli dan
penjual yang bisa menciptakan berbagai pelelangan pembeli atau penjual sehingga
harga optimal dinamis.
PENGERTIAN BRICK DAN CLIK
BRICK adalah
istilah yang digunakan oleh perusahaan yang menjalankan bisnisnya secara
ofline.
CLICK adalah
istilah yang digunakan oleh perusahaan yang menjalankan bisnisnya secara online
dan offline.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar