Jumat, 26 April 2013

EMAIL DAN INSTANT MESSAGING (IM)

EMAIL
Email adalah suatu surat dalam bentuk elektronik tau bisa juga di sebut e-mail. e-mail singkatan dari Elektronik Mail yang berfungsi untuk mengirimkan pesan baik berupa teks maupun gabungan  gambar yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain yang melewati jaringan internet.

SEJARAH EMAIL
Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan. Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika. Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”. Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”. 
• Kelebihan Menggunakan E-mail :
1. Cepat ( sangat cepat ) karena hanya perlu beberapa menit ( ketik dan send ).
2. Mudah ( karena kita cukup mengetik di komputer ).
3. Multiple send ( dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus ).
4. Dapat mengirim file ( attactment seperti file doc, excel, mp3, gambar, video dan lain-lain ).
5. Kapan saja dan dimana saja ( tidak ada perbedaan lokasi dan waktu ).
6. Biaya lebih murah karena internet sekarang sudah mulai agak murah di Indonesia.

• Kekurangan Menggunakan E-mail :
1. Harus online ( connect ke internet ).
2. Text dan gambar only yang dapat dikirim ( tidak bisa kirim paket / barang ).
3. Tidak connect internet dan check maka kita tidak akan tahu yang kita kirim sudah dibalas atau belum.
4. Harus ingat username dan password.
5. Ladang virus juga bagi yang tidak mengerti.

ISTILAH DALAM EMAIL
Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah : 
1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member) 
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member) 
3. Compose : Menulis surat baru 
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail 
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju 
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain 
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC 
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim 
9. Sent : Surat yang terkirim 
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu 
11. Reply : Membalas surat yang diterima 
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus 
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam 
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain 
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.

    INSTANT MESSAGING (IM)
SEJARAH IM
Aplikasi Instant Messenger mulai ada sejak 1970 dalam sistem operasi multi-user seperti UNIX, awalnya untuk memudahkan komunikasi antar pengguna mesin yang sama, kemudian dalam suatu jaringan lokal, dan setelah itu antar internet. Beberapa dari mereka menggunakan peer-to-peer protokol di saat yang lain memerlukan peer sebagai penghubung ke suatu server. Pada akhir pertengahan tahun 1980 sampai awal 1990, layanan online Qantum link untuk komputer Commodore 64 menawarkan pesan user-to-user antar costumer dan ini mereka sebut ”on-line messages” (OLM). Quantum link semakin dikenal dalam beberapa aplikasi yang menyerupainya, seperti America Online yang menawarkkan produk dengan nama ”AOL Instant Messages” (AIM).
Seiring perkembangannya Quantum Link menggabungkan sebuah komodor 64 menggunakan komodor PETSCII text-graphics. Dalam hal ini layanan yang disediakan menyajikan beberapa pilihan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sejenis GUI walauun lebih primitif dibanding UNIX berikutnya, windows, dan macintosh yang berdasar pada Program Instant Messenger GUI. Modern GUI-based messaging mulai berakhir pada 1990-an digantikan dengan ICQ (1996) dan AOL Instant Messenger (AIM, 1997).
Beberapa tahun kemudian AOL memperoleh penghargaan dua hak patent dari U.S. patent office. Meanwhile, sementara perusahaan lain mengembangkan aplikasi mereka sendiri (Yahoo, MSN, Excite, Ubique, IBM) yang masing-masing memiliki protokol kepemilikan dan client sendiri.
Pada tahun 2000, sebuah aplikasi open-source dan protokol open standards-based yang disebut jabber diluncurkan, jabber dalam hal ini berperan sebagai gateway untuk protokol IM lainnya, hal ini cukup mengurangi kebutuhan berbagai client. Modern multi-protocol clients seperti Gaim, Trillian, Adium dan Miranda dapat menggunakan beberapa dari protokol IM tanpa memerlukan server gateway. Bahkan baru-baru ini, beberapa layanan instant Messenger memulai untuk menyediakan layanan video conference, Voice Over IP (VoIP) dan web conferencing services.

Definisi atau Pengertian IM (Instant Messaging) - Instant Messaging adalah bentuk komunikasi pesan singkat antara dua orang atau lebih menggunakan teks yang diketik, teks dikirim melalui komputer yang terhubung melalui sebuah jaringan LAN atau Internet.
Teknologi IM diciptakan untuk menutupi kelemahan e-mail yang dinilai kurang efisien dan tidak realtime. Sebagian besar software IM terdiri dari dua komponen : Software server dan client. Sebagai program IM dapat dioperasikan melalui web browser, namun kebanyakan membutuhkan instalasi software client di PC.
Meskipun membutuhkan instalasi software, untuk sekarang semua software yang berhubungan dengan Instant Messaging sudah tidaklah aneh untuk para penggunanya, dikarenakan software Instant Messaging sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk jaman sekarang.
Dengan perkembangan teknologi, makin banyak pilihan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Instant messaging (IM) makin diminati karena menawarkan interaksi dua arah secara real-time seperti halnya telepon. Meski beberapa  saat yang lalu penggunaan IM terbatas pada pc dan laptop, saat ini maraknya smartphone dan tablet pc di pasaran memungkinkan IM untuk dilakukan di mana saja. Hal ini semakin dimudahkan pula oleh keluaran smartphone seperti BlackBerry terbaru yang memungkinkan integrasi IM dengan email dan akun jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Harga Blackberry maupun smartphone lain yang makin terjangkau juga merupakan faktor pendorong pengguna smartphone untuk memilih menggunakan IM. Menurut survey di Amerika Serikat, IM merupakan metode komunikasi pilihan remaja dan mahasiswa selama dekade terakhir. Saat ini IM juga makin banyak digunakan oleh komunitas pekerja dan akademik.
Kelebihan Instant Messaging Dibanding Telepon
1. IM Lebih Cepat Direspon
Meski untuk komunikasi dua arah secara langsung telepon tetap menjadi alternatif utama, namun tidak semua orang siap mengangkat telepon sewaktu-waktu. Jika orang yang dituju sedang online, dengan IM kita bisa memperoleh jawaban lebih cepat daripada jika menelpon.
2. IM Memungkinkan Melakukan Komunikasi ke Banyak Pihak
Dengan IM, kita tidak hanya bisa berinteraksi one-on-one seperti telepon, tapi juga mungkin untuk membuat chat room untuk grup serta melakukan meeting jarak jauh.
3. IM Memungkinkan Adanya Transfer Media
Kebanyakan provider IM saat ini membolehkan penggunanya mengirimkan media files seperti foto dan musik ke pengguna lain. Kelebihan tersebut memungkinkan transfer media dengan cepat dan murah, yang dapat membantu kelancaran kegiatan bisnis atau kantoran sehari-hari.

Kekurangan IM Dibanding Telepon
1. IM Butuh Akun yang Sama dengan Orang yang Dituju
Untuk menggunakan IM kita harus melakukan login, demikian juga orang yang kita ingin hubungi. Sebagai contoh untuk BlackBerry Messenger, hanya bisa memperantarai antar pengguna BlackBerry. Hal ini tidak akan menjadi penghalang jika kita menggunakan telepon.
2. IM Tidak Menjanjikan Perhatian Penuh dari Orang yang Dituju
IM merupakan salah satu andalan orang yang terbiasa multitasking. Dengan demikian, jika kita chat menggunakan IM, belum tentu orang lain tersebut memberikan perhatian penuh, dan kita juga tidak bisa mengharapkan hal tersebut. Tidak jarang orang yang kita ajak chat tiba-tiba tidak merespon dalam waktu lama tanpa pemberitahuan, dan kita juga tidak bisa tahu apakah itu diakibatkan kesalahan jaringan atau orang tersebut sedang melakukan aktivitas lain.
Dari ringkasan di atas, IM merupakan alternatif yang murah, cepat dan mudah dari telepon baik untuk keperluan bisnis atau pribadi. Akan tetapi, ada beberapa peran telepon yang tidak bisa digantikan dengan IM, sehingga di dunia serba digital ini telepon tetap akan memiliki fungsi tersendiri terlepas dari IM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar